PMII RAYON SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU PC KOTA PEKANBARU, SUKSES LAKSANAKAN PELANTIKAN, UBGRADING DAN RAPAT KERJA PENGURUS.

oleh -1.292 views

Pengurus Rayon Syariah dan Hukum Komisariat UIN SUSKA RIAU Cabang Kota Pekanbaru masa khidmat 2020-2021 resmi dilantik pada Minggu 31 Oktober 2021, bertempat di Gedung PWNU Riau.

 

Pelantikan ini dikukuhkan langsung oleh Wakil Ketua umum PC Kota Pekanbaru, Sahabat Nurul Fajri, SE. Beliau mengatakan bahwa pelantikan merupan suatu hal yang sakral, yang mana kita diambil sumpah dan janji dalam menjabat suatu kepengurusan. Setiap pengurus atau setiap yang punya jabatan, maka harus dilantik, karena didalam organisasi hakekatnya adalah De facto dan De jure, yakni nama yang terpilih, dan yang dilantik. Seseorang yang belum dilantik maka dia belum berhak melakukan kegiatan ataupun melanjutkan kegiatan-kegiatan di organisasi tersebut.

Harapan beliau setelah dilantiknya kepengurusan ini semoga Sahabat/i yang menjabat benar-benar mampu menjalankan tanggung jawabnya.

 

“Sebenarnya yang namanya pelantikan adalah hal yang sangat sakral, karena kita diambil sumpah dan janji dalam menjabat suatu kepengurusan, artinya setiap pengurus, setiap yang punya jabatan itu harus dilantik, karena di dalam organisasi pada hakekatnya adalah nama yang terpilih dan ada yang dilantik, dalam artian de facto dan de jure.

Maka seseorang yang belum dilantik maka dia belum berhak untuk melakukan kegiatan ataupun belum berhak untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan di organisasi tersebut.

Bukankah pemerintahan kita pun sudah tahu juga bahwasanya setiap Pejabat itu wajib dilantik. baru mereka menjalankan jabatannya tersebut.

Oleh karena itu, hari ini jadikan momentum yang berbahagia ini untuk menjadi rasa tanggung jawab bagi sahabat/i agar ketika menjabat nantinya setelah ini mampu menjalankan tanggung jawab. Setiap orang yang mempunyai tanggung jawab pasti dia akan jalankan. Tanamkan dalam dirinya masing-masing mempunyai rasa tanggung jawab, rasa mempunyai suatu jabatan yang harus dijaga.” Ujarnya

 

Selain Pengukuhan Pengurus, juga diadakan Ubgrading serta Rapat Kerja (RAKER) Pengurus Rayon Syariah dan Hukum, yang mana menghadirkan Demisioner Ketua Dema Fakultas Syariah dan Hukum yakni Sahabat Rama Dandi, S.H sebagai narasumber Ubgrading pengurus.

 

Ketua Rayon Syariah dan Hukum masa khidmat 2020-2021, Sahabat Sahrizal mengatakan mengapa perlunya melakukan ubgrading, yaitu karena tidak semua pengurus yang dilantik merupakan orang yang tahu tentang peraturan organisasi di PMII, selain itu juga agar kualitas dan kinerja para pengurus kedepannya bisa sesuai dengan peraturan-peraturan organisasi di PMII.

 

“Kenapa perlunya melakukan upgrading ini, Ubgrading merupakan pembekalan bagi pengurus tentang peraturan-peraturan organisasi yang ada di PMII. Karena tidak semua pengurus yang dilantik pada hari ini merupakan orang yang tahu tentang peraturan organisasi di PMII.

Maka dipandang perlu melakukan upgrading agar kualitas dan kinerja para pengurus ini ke depannya bisa sesuai dengan peraturan organisasi di PMII.” Ujarnya

 

Mengenai RAKER beliau mengatakan bahwa sangat penting diadakannya Rapat Kerja pengurus karena kita bisa dengan jelas mengetahui program-program per bidang yang ada di kepengurusan baik jangka pendek maupun jangka panjangnya. Sehingga selama satu tahun kepengurusan berjalan dengan lancar tanpa adanya kekosongan kegiatan, dan kegiatan-kegiatan tersebut bisa dipertanggungjawabkan di akhir kepengurusan nanti.

 

“Nah kalau untuk Raker, Raker adalah singkatan dari Rapat Kerja, yakni kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama satu periode kepengurusan. Di dalam rapat kerja ini kita memiliki program-program per bidang, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Harapkan kita program-program ini sesuai dengan alur peraturan organisasi dalam artian sesuai dengan rapat kerja kita pada hari ini, agar kegiatan-kegiatan PMII selama satu tahun kepengurusan berjalan dengan lancar tanpa tanpa adanya kekosongan kegiatan. Disana kita bisa melihat Apakah kegiatan-kegiatan itu bisa berjalan dengan lancar atau ada kendala lainnya, dan kegiatan-kegiatan tersebut akan dipertanggungjawabkan di akhir kepengurusan nanti.” Ujarnya

 

Terakhir harapan beliau setelah Pelantikan, Ubgrading, dan RAKER Pengurus Rayon Syariah dan Hukum Ini seluruh pengurus PMII Rayon Syariah dan Hukum benar-benar mengerti tentang peraturan organisasi, serta kegiatan-kegiatan yang sudah diputuskan per bidang tersebut benar-benar dilaksanakan dengan baik. Dan tentunya berharap kedepanbya PMII Rayon Syariah dan Hukum menjadi contoh bagi rayon-rayon yang lain di UIN SUSKA RIAU baik dari segi kegiatan, kualitas SDM dan kinerja pengurusnya.

 

Aamiin ya rabbal alamin

 

Pelantikan Pengurus Rayon Syariah dan Hukum Komisariat UIN SUSKA RIAU PC Kota Pekanbaru masa khidmat 2020-2021 ini dihadiri oleh Ketua KOPRI PC Kota Pekanbaru Sahabati Putri Andriani, SE. Ketua-ketua umum dan Ketua KOPRI Se-Komisariat PC Kota Pekanbaru, serta Ketua-ketua Rayon Se-Lingkungan UIN SUSKA RIAU, dll.