Pembukaan Sosialisasi Pembudayaan Jiwa, Semangat Nilai-nilai Kejuangan 45

oleh -2.210 views

Pekanbaru — Kegiatan Sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai-nilai Juang (JSN) 45 kita tanamkan rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme kepada generasi muda, acara di Taja oleh Dewan Harian Daerah Kejuangan 45 Provinsi Riau. Kegiatan bertempat di Hotel Alpha Pekanbaru. Sabtu (27/11/2021) pagi. Tetap mengikuti Prokes yang Ketat, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Narasumber kegiatan ini : Kadis Sosial Provinsi Riau Tengku Zul Efendi, Raja Asrarudin Ketua II DHD Kejuangan 45., Ketua Legiun Veteran RI Provinsi Riau H. Syamsul Djafar, SH., Tokoh Budayawan Riau Prof. DR. Soewardi MS, Rustam Effendi selaku Sekretaris Umum DHD Kejuangan 45.

Drs. Ahmad Fauzi, M.Si selalu Ketua Panitia, sekaligus Kabid Kelembagaan dan Organisasi di DHD Kejuangan 45″ Alhamdulillah animo dari para peserta yang hadir serta para narasumber kali ini pada acara yang kami Taja yakni ” Melalui Sosialisasi JSN 45 Kita Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air dan Jiwa Nasionalisme Kepada Generasi Muda saat ini.” Ujar Ahmad Fauzi.

Tujuan dari kegiatan ini, adalah guna menanamkan Jiwa Kejuangan bagi generasi muda dalam rangka, bagaimana generasi muda lebih paham arti dari sejarah para pejuang kita terdahulu.

Agar generasi muda juga memiliki hasil jerih payah dari pejuang pejuang kita,dapat di lestarikan dan dipertahankan dengan sebaik-baiknya.
Harapan kita dengan dilakukannya sosialisasi ini hendaknya dapat tertanam dihati para generasi muda nilai-nilai dari para pejuang terdahulu, yang mana generasi muda sebagai estafet mengisi pembangunan dimasa saat ini dan juga yang akan datang, tentunya.” Ujar Ahmad Fauzi.

Para peserta sosialisasi kali ini, berasal dari Para Generasi Muda dan Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa,  Siswa SMA, OKP FKPPI dan PPM Provinsi Riau serta dari DHC Kota Pekanbaru lebih kurang 75 orang peserta.

Waktu yang sama juga pengurus DPC PPM Kota Pekanbaru Soviani, selaku pengurus DHD Kejuangan 45 “Harapan dengan adanya kegiatan ini, kita harapkan kepada generasi muda tidak melupakan sejarah dari para pejuang kita.” Pungkasnya

Tambah Soviani, agar di dalam kehidupan serta perilaku sehari-hari tidak keluar dari budaya kita sebagai Bangsa Indonesia. Karena kita sudah terkenal dari dulu, sebagai Bangsa yang berbudaya luhur untuk di segala bidang. Seperti : Budaya Sopan Santun, Saling Menghargai serta Saling mengingatkan.

Dalam wawancara awak media Nsknews.com kepada Kadis Sosial Provinsi Riau Tengku Zul Efendi, “Saya diminta untuk memberikan materi tentang kebijakan, yaitu bisa berupa anggaran dan bisa regulasi. Kita selama ini pemerintah provinsi Riau mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bapak-bapak yang di DHD 45 mengucurkan anggaran berupa anggaran hibah dan juga kita mendukung bagaimana mereka melakukan kegiatan-kegiatan pejuangan misalnya peringatan hari besar, hari pahlawan, hari kemerdekaan dan sebagainya. Insya Allah kedepan kita akan mendukung juga bagaimana untuk mewujudkan gedung juang 45 ini menjadi museum perjuangan, artinya kalau itu bisa kita wujudkan itu akan memberikan bagaimana generasi muda kita bisa melihat, bagaimana peradaban pejuang kita dimasa lalu, baik dilingkup yang lebih kecil daerah maupun secara nasional.

Harapan, kita berharap generasi muda kita memahami nilai-nilai kejuangan dimasa lalu dan mereka juga bisa bagaimana bisa mengambil nilai-nilai itu untuk mereka juga bisa berjuang untuk jati diri mereka, karena mereka pada saat itu akan mengambil estafet kepemimpinan ini dan mereka harus siap, kalau mereka tidak siap ya kita prihatin. Ucap Tengku Zul Efendi selaku Kadis Sosial Provinsi Riau