Kwarcab Pekanbaru Membuka Secara Resmi Jambore Ranting

oleh -73 views

Pekanbaru — Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tuah Madani mengadakan Jambore Ranting dan Pesta Siaga yang dilaksanakan di halaman SMP Negeri 42 Pekanbaru, jalan Datuk Tunggal, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, Jum’at (12/08/2022) sore.

Tampak hadir Kwarcab Pekanbaru yang diwakili oleh Kakak Toni Werdiansyah selaku Ketua Harian Kwarcab Pekanbaru, Mabiran Tuah Madani yang diwakili oleh Kakak Feri Susanto selaku Sekcam Tuah Madani, Ketua Kwarran Tuah Madani, Kakak Sufyanul Arifin, Polsek Tampan yang diwakili oleh Kakak Novianto selaku Kanit Binmas, Kepsek SMP Negeri 42, Kakak Misrawati dan Kakak-kakak Pembina serta para peserta Pramuka Siaga dan Penggalang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kwarcab Pekanbaru yang diwakili oleh Kak Toni yang secara resmi membuka Jambore Ranting dan Pesta Siaga di Kecamatan Tuah Madani yang mana merupakan program Kwarcab Pekanbaru untuk tingkat Kecamatan tahun 2022.

“Sampai saat ini sudah 12 Kecamatan yang sudah mengadakan Jambore Ranting dan Pesta Siaga dan Jambore di Kecamatan Tuah Madani ini merupakan peserta yang terbanyak, lebih kurang 200 peserta dan juga Jambore ini merupakan sampena HUT Pramuka pada tanggal 14 Agustus (besok #red) sekaligus sampena pembukaan Jambore Nasional di Cibubur,” tambah Kak Toni.

“Sesuai arahan Kak Muflihun selaku Pj Walikota dari pelaksanaan Jambore Daerah yang mana Pekanbaru sebagai tuan rumah, pelaksanaan Jambore Ranting tingkat kecamatan se- Kota Pekanbaru dan juga Jambore Nasional, maka sekitar bulan September besok kita, Kwarcab Pekanbaru akan mengadakan Jambore Cabang di Bumi Perkemahan Sialang Rampai, Kulim,” ungkap Kak Toni.

“Selama pandemi covid kemarin, Pramuka tingkat Siaga dan Penggalang off semua kegiatannya, tetapi Pramuka tingkat Penegak yang tetap berjalan kegiatannya, khususnya kegiatan bakti masyarakat”.

“Dan semenjak Pemerintah memperoleh belajar di Sekolah, maka kita Kwarcab Pekanbaru dan seluruh Kwarcab se-Indonesia berangsur menggiatkan kegiatan, terutama di tingkat Siaga dan Penggalang,” terang Kak Toni.

“Jambore merupakan pesta, bergembira dan Jambore juga merupakan pertemuan besar Penggalang dimana didalamnya meliputi kegiatan keterampilan, ilmu pengetahuan dan paling utama ada paket wisata yang tujuannya untuk menambah wawasan dan pengetahuan adik-adik Pramuka Penggalang”.

“Sedangkan Pesta Siaga untuk tingkat Pramuka Siaga tingkatan SD dimana seluruh kegiatannya berupa perlombaan, baik lomba kesenian, keterampilan dan lainnya,” papar Kak Toni.

“Kita menghimbau kepada peserta Jambore dan Pesta Siaga agar tetap menjaga kesehatannya dengan memperbanyak minum air putih dan selalu terapkan prokes, karena pandemi covid masih ada dan juga kondisi udara di Pekanbaru kurang sehat dengan sedikit berasap”.

“Dan untuk motto Jambore tahun ini, Ceria Berdedikasi dan Berprestasi,” tutup Kak Toni.

Pada kesempatan yang juga Mabiran Tuah Madani yang diwakili oleh Kak Feri mengapresiasi kegiatan Jambore Ranting di Kecamatan Tuah Madani yang cukup banyak pesertanya, seperti yang disampaikan oleh Kak Toni tadi.

“Semoga semakin besar dan berkembang,” harapan Kak Feri.

“Dan menghimbau kepada adik-adik peserta Jambore agar tetap menjaga kesehatannya dan tetap menjaga protokol kesehatannya selama kegiatan ini yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini,” tutup Kak Feri.

Pada kesempatan yang sama juga, Kak Misrawati selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 42 Pekanbaru sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore Ranting dan Pesta Siaga telah mempersiapkan tempat dan fasilitas yang ada.

“Dan untuk anak-anak kita, tetap mempersiapkan dan mendukung Jambore ini walaupun sempat tidak ada kegiatan selama pandemi covid-19 kemarin,” ujar Misrawati.

“Kita menghimbau kepada peserta Jambore agar tetap menjaga prokes, etika kebersihan dan sehat selalu selama Jambore berlangsung,” tutup Misrawati.

Pada kesempatan yang sama juga, Kwarran Tuah Madani, Sufyanul Arifin mengatakan, bahwa kegiatan Jambore Ranting dan Pesta Siaga ini di ikuti 10 sekolah baik tingkat SD dan juga SMP yang dilaksanakan selam 3 hari, mulai hari ini (Jumat #red) sampai hari Minggu, hari puncak HUT Pramuka ke 61.

“Selama 3 hari banyak kegiatan yang kita buat, diantaranya semacam wisata, perlombaan malam, berupa baca puisi dan pidato serta teknik-teknik kepramukaan dan yang lainnya”.

“Dan untuk Pesta Siaga, ada lebih kurang 6 perlombaan yang kita adakan, diantaranya mewarnai, membaca ayat pendek, game, untuk ketajaman indra penciuman dan lainnya,” terang Arifin.

“Karena kegiatan ini selama 3 hari, kita menghimbau kepada peserta untuk tetap jaga kesehatan, keamanan dan ikuti kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab, karena disini kita dididik untuk disiplin dan mandiri,” pungkas Arifin.