Kepsek SMA Negeri 5 Pekanbaru Pimpin Apel Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021

oleh -1.235 views

Pekanbaru– Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya. Untuk tahun 2021, Hari Guru Nasional, mengusung tema “Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Guru dan karyawan beserta Siswa SMA Negeri 5 Pekanbaru memperingati Hari Guru Nasional, Kamis (25/11). Peringatan Hari Guru Nasional dilaksanakan dengan tertib dan melaksanakan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Rangkaian acara peringatan HGN yaitu apel pagi dilanjutkan dengan berbagai perlombaan dalam bentuk kekompakan, jadi disitu nanti masing-masing guru berdasarkan kelompok IGS (Ikatan Guru se Jenis) mata pelajaran, jadi mereka dibagi ke dalam kelompok-kelompok mata pelajaran, nanti masing-masing kelompok itulah yang akan ikut dalam perlombaan. Kecuali ada beberapa mata pelajaran memang harus digabungkan karena gurunya memang mengajar dalam bentuk mata pelajaran. Ada juga lombanya dalam bentuk yel-yel, dalam bentuk cepat tepat, dan dalam bentuk siapa sigap itulah yang dibuat oleh OSIS. Bertempat di lapangan SMAN 5 Pekanbaru Jalan Bawal Nomor 43 Kecamatan Marpoyan Damai.

Apel pagi dimulai pukul 07.30 WIB yang dipimpin oleh Kepala SMAN 5 Pekanbaru, Elmi Gurita, M.Pd. Dalam apel tersebut beliau menyampaikan bahwa guru adalah teladan untuk para siswa. Beliau menghimbau seluruh guru dapat membangkitkan semangat kepada para siswa, walaupun pembelajaran masih dilakukan secara online/daring. Selain itu, guru diharapkan dapat mewujudkan merdeka belajar untuk semua siswa yang dipimpinnya. Terakhir, beliau mengucapkan terima kasih kepada semua guru SMA Negeri 5 Pekanbaru yang telah menunjukkan dedikasinya untuk sekolah.

Tema “bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan” maksudnya kita sebagai seorang guru itu memang kita harus bekerja dengan ikhlas, ya betul-betul dari hati nurani menjadi seorang anak didik, supaya harapan kita pertama sentuhannya dapat terdidik karakter anak itu bisa terwujud, kemampuan pisikomotornya, kemampuan konektifnya, bisa juga sesuai dengan harapan kita. Jadi pengetahuan anak-anak ini yang harus kita bentuk supaya bisa lebih menjadi manusia yang bijaksana, manusia mempunyai keterampilan dan sebagainya.

Dengan adanya hati itu tadi, ya artinya kita memang harus merangkul anak-anak ini dengan kasih sayang, jadi bagaimana kita mengajar mereka itu supaya tersentuh hatinya, tergerak kemampuan pengetahuannya, sehingga harapan mereka kita menjadi anak yang baik, meraih prestasi dan terakhir ujungnya kita pingin mereka itu semua sukses.

Tentang mengenai kekerasan terhadap murid, sebetulnya itu tidak boleh terjadi, Nah karena kita memang berharap anak-anak itu ya, harus santun sama gurunya. Kalau memang ada nanti terjadi seperti itu ya, saya sangat-sangat merasa sedih sekali, dimana seorang anak yang melawan kepada gurunya. Nah makanya tadi kita berbicara masalah tema tadi, semuanya dari hati. Kalau semuanya dari hati, Insya Allah anak-anak itu akan berbuat dengan hati juga, tidak ada dengan kekerasan. Dimasa Pandemi ini Alhamdulillah di SMA Negeri 5 ini dalam proses pembelajaran baik, baik melalui daring, maupun melalui PTM yang sedang kita laksanakan. Mudah-mudahan kita memang berharap Pandemi ini cepat berlalu, sehingga PTMT ini sudah tidak terbatas lagi, sehingga sudah bersifat umum. Jadi semuanya sudah bisa berbuat bergerak untuk proses pembelajaran.

Mengucapkan apresiasi kepada mereka yang pensiun sebanyak 3 orang guru, dengan mengucapkan terima kasih yang sudah memberikan ilmu dan pengalamannya kepada guru yang ada di SMA Negeri 5 ini, dan harapan kita walaupun mereka tidak di sekolah lagi, yang namanya guru itu tetap menjadi guru minimal dilingkungannya, karena walau bagaimanapun jiwa seorang pendidik itu kan sudah menyatu dengan dirinya, posisi itu sudah tidak mempengaruhi lagi. Mudah-mudahan berharap mereka bisa menjadi masyarakat yang bisa ditiru.
Semoga guru-guru yang pensiun ini.

Jadi yang tahun ini kita jadi harapan II Tingkat Nasional perlombaan perpustakaan sekolah, kemudian saya Kepala Sekolah menjadi prestasi I Tingkat Provinsi, terus UKS mendapat Juara I Tingkat Provinsi Riau dan ada lagi perlombaan anak-anak Gendre dan pengelolaan pick terbaik dan anak-anak juga juara I dan pembina juara I. Kemudian juga hari ini lagi lomba untuk lagu perjuangan di RRI ya Alhamdulillah masuk final sekarang dan berharap Juara I juga. Jadi kalau untuk sekolah kita siap tempur, siap untuk bersaing.

Harapan saya di tahun 2022 nanti target kita akan mencoba meningkatkan dari Adiwiyata nya, kita akan coba raih Adiwiyata sendiri, meningkatkan prestasi-prestasi akademik, kalau non akademik ya mudah-mudahan Insya Allah SMA Negeri 5 Pekanbaru ini orang sudah tahu, ya apalagi kalau seni teater kita kuat, makanya kita nanti di tahun 2022 bagaimana kita membuat perencanaan supaya akademik anak itu muncul.

Program nanti kita akan membuat pembinaan, jadi pembinaan itu kita nanti maksimal kan, jadi kalau kemarin-kemarin itu hanya sekedar masih tenaga pengajar guru dan tahun depan dalam dari lembaga bimbingan yang ke olimpiadenya.

Selamat Hari Guru Nasional 2021

“Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Siswa Kelas 11.44 Muhammad Adzkia Madani, mewakili dari seluruh jumlah siswa  1266 menyampaikan yang pertama ucapan terima kasih sebesar-besarnya, karena tanpa guru kita semua tidak bisa menjadi orang, dan juga ucapan maaf karena mungkin dari perbuatan siswa atau saya sendiri juga banyak membuat kesalahan kepada guru dan saya berdo’a semoga guru-guru sehat selalu dan dapat mencapai segala impiannya.