Ni Tanda-tanda Rahmat Allah Telah Datang

oleh -1.093 views

Pekanbaru — Keutamaan sholat tahajud apabila rutin dilakukan akan menghujani kita dengan berbagai manfaat. Karena sangat sulit untuk bangun dari tidur seseorang terutama setelah rutinitas yang sibuk seharian, itulah mengapa sholat ini menghasilkan pencapaian jumlah pahala dan status yang besar dari Tuhan Yang Maha Esa. Sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.

Dan sesungguhnya sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79 berikut :

Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

Berikut manfaat dan keutamaan sholat tahajud yang rutin dilakukan:

Diberikan Tempat Terpuji dan Mulia di Sisi Allah SWT

Keutamaan sholat tahajud yang pertama yakni orang yang melaksanakannya akan diberikan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Inilah janji Allah SWT yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat puji-puji, bagi yang menunaikan sholat tahajud dengan tekun dan ikhlas mengharapkan ridha Ilahi.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).” (Adh-Dhariyat 51: 15-18)

Dikabulkan Doanya

Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni dikabulkan doanya. Tuhan berjanji akan memenuhi doa para ahli Tahajud. Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)

Penghapus Dosa dan Kesalahan

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya yakni dihapus dosa dan kesalahan. Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan cjiyamullail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taejarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili)

Ahli Zikir

Keutamaan sholat tahajud juga menjadikan seseorang ahli zikir.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang bangun malam lalu membangunkan keluarganya hingga shalat dua rakaat, mereka akan dimasukkan ke dalam golongan laki-laki dan perempuan yang banyak ingat Allah SWT.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu Sa‘id Al-Khudri)

Dijadikan Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang melakukan keutamaan shalat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah hati dan bersahabat. Ketentraman yang merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita menjadi rendah hati.

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (Al-Furqan 25: 63-64)

Jembatan Masuk Surga

Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni bisa menjadi jembatan masuk surga. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka kepada-Nya.

Selain itu, Allah SWT juga telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan sholat tahajud.

Di ceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR Tirmidzi).

Amalan yang Mambantu di Akhirat

Ada juga ayat yang terkandung di dalam Alquran terkait keajaiban sholat tahajud atau sholat malam ini. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insyaAllah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa. “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Menjaga Kesehatan Fisik

Tak ayal, sholat tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik untuk berbagai penyakit. Oleh karena itu, orang yang membiasakan diri untuk tahajud akan memiliki daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih dihadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi)

Hilangkan Kemalasan dan Naf su

Sholat tahajud adalah cara ampuh untuk menghilangkan kemalasan dan naf su. Melakukannya pada malam hari akan membuat kita lebih siap untuk menyambut hari esok.

Musuh terbesar dalam diri manusia adalah naf su. Melaksanakan sholat tahajud mungkin sedikit berat bagi sebagian orang karena terlihat pada waktu pengerjaan pada jam-jam biasanya kita tertidur. Godaan untuk pergi tidur tentu sangat besar saat itu. Oleh karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat tahajud berarti telah berhasil menahan godaan dalam dirinya untuk beribadah kepada Allah SWT dan memperoleh keutamaan sholat tahajud tersebut.

Diakui sebagai Orang Istimewa

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya ialah diakui sebagai orang istimewa. Siapapun yang melakukan sholat tahajud akan terlihat sebagai orang yang spesial dimata Allah SWT. Itu karena shalat ini dilakukan pada malam hari dan itu adalah waktu yang khusus dan khusyuk bersama Allah.

“Dan bersabarlah (Muhammad) menunggu ketetapan Tuhanmu, karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika engkau bangun, dan pada sebagian malam bertasbihlah kepada-Nya dan (juga) pada waktu terbenamnya bintang-bintang (pada waktu fajar).” (At-Tur 52: 48-49)

Usir Setan

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya ialah mampu mengusir setan. Setan selalu berusaha mengganggu kita dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberikan bisikan/godaan agar kita tidak sholat tahajud seperti keinginan untuk tidur, capek, dan lain sebagainya.

“Setan mengikat dengan tiga ikatan. Masing-masing berkata, ‘Kamu masih punya malam yang panjang, pergi tidur!’ Jika dia bangun atas nama Tuhan, maka sebuah ikatan dilepaskan. Jika dia berwudhu, lepas ikatan berikutnya. Dan jika dia melakukan shalat, maka biarkan satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya dia menjadi rajin, begitu juga dengan jiwanya. Jika tidak, keesokan harinya jiwanya menjadi kotor dan jiwanya menjadi malas.” (HR Muslim)

(sumber: merdeka)

Begini Cara Allah Menyampaikan Taufik dan Hidayah Kepada Umat-Nya “Kamu tak perlu langsung duduk, pergi ke kamar mandi, mengambil minum, atau malah tidur lagi. Tetaplah dalam kondisi tertidur sambil membaca dzikir yang diamalkan oleh Rasulullah” Dzikir seperti apakah itu? Dari Ubadah bin Shamit, dari Nabi bersabda,

“Siapa terbangun di waktu malam lalu membaca, ‘Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku, Walahul Hamdu, Wahuwa ‘Alaa Kulli Syai-in Qadiir. Alhamdulillaah Wasubhanallaahu Walaa Ilaaha Illallaahu Wallahu Akbar, Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahi,’kemudian ia berdoa ‘Ya Allah, ampuni Aku’ atau berdoa pasti dikabulkan doanya. Jika ia berwudhu dan shalat, pasti diterima shalatnya,” (HR. Al-Bukhari).

Dari segi ilmiah, ini pertanda kamu mengalami masalah di usus besar namun bisa diatasi dengan renggangkan otot atau pergi ke toilet agar bisa kembali tidur.

Tubuh menyimpan begitu banyak rahasia. Jika kita belajar mencari tahu dan mendengar, maka tubuh sebenarnya sedang memberi tahu kita informasi. Kita juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan spiritual dalam kehidupan kita.

Bangun di tengah malam mungkin tampak seperti gangguan tidur yang menyebalkan tapi juga sebenarnya merupakan tanda dari tubuh untuk mengkomunikasikan sesuatu. Terkadang itu sebenarnya merupakan gejala dari sesuatu yang spiritual. Tubuh tidak hanya mencoba membuatmu frustrasi, tapi juga mencoba membantumu terhubung dengan diri sendiri dan kekuatan yang lebih besar.

Jangan abaikan kesempatan ini untuk membangunkan spiritual dirimu. Perjalanan spiritual dimulai dengan mengenali pola tidur ini sebagai pesan penting dari kekuatan ilahi. Hal ini dimungkinkan untuk belajar bagaimana berkomunikasi dengan media adikodrati ini jika kamu meluangkan waktu untuk memahami siklus waktu yang berbeda.

1. Jika kamu terbangun antara pukul 9 dan 11 siang, ini adalah indikasi berbeda dari keinginan bawah sadarmu. Bangun pada jam-jam itu sebenarnya adalah pertanda bahwa kamu mengalami stres yang semakin tinggi. Berjuang untuk tetap tertidur selama periode istirahat normal ini berarti kamu perlu mulai mengelola stres dengan lebih baik. Mencoba meditasi atau yoga sebelum tidur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan mencegah terbangun selama jam-jam ini.

2. Bangun antara pukul 11 ​​malam dan 1 dini hari adalah pertanda bahwa kamu mengalami kesulitan emosional. Meski sepertinya terpisah, tubuh dan pikiran kita saling terkait. Jika kamu mengalami perubahan mood yang tidak normal, kantung empedu adalah organ pertama yang terkena. Harus sering menggunakan kamar mandi selama jam-jam ini adalah tanda pasti bahwa ada sesuatu yang secara emosional salah dalam hidupmu. Pastikan untuk menjaga diri sendiri secara emosional karena secara inheren akan mempengaruhi keadaan fisikmu. Menuliskan pemikiran positif dan mengulanginya sepanjang hari adalah cara yang baik untuk mulai memperbaiki ini.

3. Antara jam 1 dan 3 pagi, kamu mungkin juga terbangun. Ini adalah pertanda pasti bahwa kamu marah dengan sesuatu. Meski kemarahan adalah cara sementara untuk mengatasi emosi kita, meski bukan solusi yang tahan lama. Saat kamu marah, hati adalah organ yang paling banyak terkena dampaknya. Untuk memulai penyembuhan kemarahan dan hati, ada gunanya mencoba bermeditasi sebelum tidur dan tetap terhidrasi dengan baik. Segelas air di samping tempat tidur adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa kamu tidak terlalu haus saat tidur.

4. Jika kamu terbangun antara jam 3 dan 5 pagi, sebenarnya ini adalah pertanda bahwa kamu mencoba terhubung dengan kekuatan ilahi. Tradisi pengobatan Tionghoa kuno telah membahas fenomena ini selama berabad-abad. Selama periode istirahat antara pukul 3 dan 5 pagi, tubuh terhubung untuk merespons energi tertentu. Jika kamu terbangun pada jam-jam ini, itu adalah pertanda bahwa kamu memiliki keinginan bawah sadar untuk terhubung dengan energi supranatural alam semesta.

5. Bangun antara jam 5 dan 7 pagi adalah pertanda bahwa kamu menghalangi sesuatu secara emosional. Ada kemungkinan sesuatu dalam hidup yang membebanimu dan inilah yang menyebabkan kamu tidak mendapatkan istirahat yang baik. Aliran energimu terhambat dan ini mempengaruhi area usus bawah. Jika kamu terbangun selama masa ini, yang terbaik adalah bangun dan peregangan atau menggunakan kamar mandi agar energi kembali ke tempat yang seharusnya.

Belajar bagaimana menjadi lebih selaras dengan tubuh kita adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan mental dan spiritual kita. Jadi, cobalah atasi masalah tidur yang kamu alami.

(dari berbagai sumber)