Ini Jadwal Pemilu 2024 Usai Pertemuan KPU dengan Jokowi

oleh -1.242 views

Jakarta– Pemerintah maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) dikabarkan telah satu suara terkait jadwal penyelenggaran Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan keterangan Anggota Komisi II DPR RI Rifqinizamy Karyasuda, kesepakatan terjadi setelah komisioner KPU melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pada 11 November 2021 kemarin.

“Kami sudah mendapat informasi bahwa pada tanggal 11 (November) yang lalu seluruh komisioner KPU telah bertemu dengan Pak Presiden, di dampingi Pak Mendagri dan Pak Mensesneg,” ujar Rifqi mengutip Era.id, Kamis 18 November 2021.

Lebih lanjut, Politisi PDIP itu menuturkan, usai bertemu, pemerintah dan KPU sudah sepakat hari pencoblosan Pemilu 2024 diselenggarakan pada Februari 2024.

Rifqi mengatakan bahwa jadwal tersebut dinilai sudah sejalan sesuai dengan usulan dari Fraksinya yaitu PDI Perjuangan.

“Insya Allah kabarnya sudah ada kesepakatan antara pemerintah dan penyelenggara Pemilu yang nampak-nampaknya tidak jauh berbeda dari usul Fraksi PDIP,” ucap Rifqi.

Sementara itu, menyoal jadwal pemilu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan, KPU akan menyampaikan penetapan pelaksanaan Pemilu 2024 sebelum masa reses anggota perlemen pada 16 Desember 2021 mendatang.

“Kita lihat dan dengar saja nanti di Raker Komisi II jadwal Pemilu yang ditetapkan KPU,” ujar Junimart.

Diketahui sebelumnya, antara DPR RI, pemerintah, dan penyelenggara Pemilu belum menemui kata sepakat terkait kapan pemungutan suara Pemilu serentak 2024 harus dilakukan.

KPU sendiri mengusulkan agar Pemilu 2024 digelar pada 21 Februari. Alasannya sederhana, untuk memberi waktu jika ada sengketa hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sementara pemerintah mengusulkan jadwal yang berbeda yakni Pemilu 2024 digelar pada 15 Mei 2024 dengan pertimbangan, perhitungan waktunya sudah paling sempurna.