Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Personil Kodim 0304/Agam Jalani Tes Garjas

oleh -82 views

Agam – Dalam rangka meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fisik untuk mendukung kelancaran tugas pokok, personil Kodim 0304/Agam khususnya prajurit militer melaksanaan kegiatan Tes Kesegaran Jasmani Periodik I tahun 2021, di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam Kota Bukittinggi pada Selasa (18/05/21).

Sebelum melaksanakan kegiatan Kesegaran Jasmani (Garjas) diawali dengan pengecekan personil yang akan melaksanakan tes samapta, dan dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi bagi para peserta oleh petugas Kesehatan dari RST Tk. IV.01.07.05 Kota Bukitinggi serta prosedur lainnya yang sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan jasmani yang di keluarkan oleh Pusjaspermildas TNI.

Pelaksanaan test Kesegaran diawasi oleh tim Binjasmil Korem 032/Wbr. Pelaksanaan samapta tersebut meliputi test kesegaran “A” yaitu lari selama 12 menit dan test kesegaran “B” yaitu pull up, sit up, push up, Long Nges shuttle run dan renag dasar 50 meter.

kegiatan tes kesegaran jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI, kemampuan jasmani yang baik mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh prajurit guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI.

Oleh karena itu setiap saat ada kesempatan manfaatkan waktu yang ada dan laksanakan pembinaan fisik tersebut sesuai program secara teratur, kepada Prajurit yang akan melaksanakan tes Garjas Periodik ini agar dalam pelaksanaan dilaksanakan dengan serius dan sunguh-sunguh dan berhati-hati, selain itu Kesegaran Jasmani ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan Garjas seorang Prajurit secara berkala, ujar Pasiops Kodim 0304/Agam Kapten Inf Ridwan pada saat mebuka acara tersebut.

Pasiops Kodim 0304/Agam juga menyampaikan, “diharapkan melalui tes samapta periodik ini, kita dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap enam bulan sekali dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin banyak sehingga dituntut prajurit yang profesional dan memiliki fisik yang tetap prima, oleh karena itu dibutuhkan pembinaan fisik secara rutin”.

Dan kegiatan ini telah terlaksana selama 2 Hari mulai dari tanggal 17 sampai dengan 18 Mei 2021, selama pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. (*)

allowfullscreen>