Pentingnya Edukasi Pemahaman Covid-19, Kecamatan Tenayan Raya Datangkan Ahli Epidemiologi Riau

oleh -156 views

Pekanbaru – Untuk menjelaskan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya kasus penyebaran wabah Covid-19, Kecamatan Tenayan Raya kota Pekanbaru mengajak seorang ahli Epidemiologi Dr. Wildan pada Senin (07/06/21) Siang.

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tenayan Raya, dihadiri juga oleh Asisten I bidang pemerintahan kota Pekanbaru Drs. Aswan, Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra, Camat Tenayan Raya Indah Vidya Astuti S.STP, M.Si , Kepala Puskesmas Tenayan Raya, Kapolsek AKP Manapar, Danpos Koramil 04/Lima Puluh Peltu Hasibuan, seluruh Lurah se kecamatan bersama dengan babinkamtibmas, dan para peserta yang terdiri dari Ibu-Ibu BKMT di Kecamatan Tenayan Raya.

Dalam penjelasan Dr. Wildan tersebut mengingat kepada masyarakat tentang pentingnya pendislinan diri dalam menghadapi ancaman wabah Covid-19 yang sampai saat mengancam jiwa setiap manusia.

“Untuk itu kita minta kepada semua elemen masyarakat dalam menangani penyebaran wabah Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan melalui pola 5M yaitu Memakai masker dimana pun berada, Mencuci tangan dengan sering, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas diluar rumah,” urai Dr. Wildan.

Adapun terkait ketentuan tentang menjaga jarak antara satu dengan lainnya dalam berkomunikasi, menurut Dr. Wildan dikarenakan virus dapat menyebar melalui percikan ludah sehingga diperlukan juga masker disaat berbicara.

“Upaya dari ketentuan protokol kesehatan tersebut sangat berkaitan, kenapa kita disarankan untuk menjaga jarak 1 hingga 2 meter, karena apabila seseorang sedang batuk dan bersin maka jangkauan percikan ludah paling jauh 2 meter. Selain itu, tingkat penyebaran wabah Covid-19 juga beresiko tinggi didalam ruangan tertutup, maka yang perlu diperhatikan sirkulasi udara diruangan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, upaya dari pemerintah menekan angka penyebaran wabah Covid-19 tersebut, menurut Dr. Wildan pola 3T yakni Testing, Tracing, dan Treatment sudah sangat tepat diterapkan kepada masyarakat.

“Jadi manfaat 3T yakni Tindakan melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment) adalah salah satu upaya utama penanganan wabah virus berbahaya ini, sehingga potensi penularan ke orang lain dapat ditekan,” sebut Dr. Wildan seraya mengatakan pemberian Vaksin juga merupakan upaya yang terpenting.

Dr. Wildan juga menjelaskan terkait tanda-tanda terjadinya gejala utama kasus Covid-19, yaitu badan terasa meriang disertai demam, batuk kering, kelelahan, dan hilangnya indra penciuman.

“Pada umumnya muncul gejala masa 5 hingga 6 hari, kita harapankan peran serta dari peserta sosialisasi ini dapat dijelaskan kepada masyarakat lainnya, dengan membantu pelacakan kasus Covid-19 apabila dijumpai orang yang terpapar virus tersebut dan dapat membantu juga pengawasan isolasi mandiri orang tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Tenayan Raya Indah Vidya Astuti mengatakan alasannya kenapa sosialisasi penanganan tentang perkembangan Covid-19 akan lebih tersampaikan melalui peran serta Ibu-ibu.

“Maka ini lah alasannya kenapa kami mengundang ibu-ibu dari majelis taklim, PKK dan lainnya, agar nantinya edukasi pentingnya pemahaman terkait permasalahan Covid-19 dapat didengar oleh anggota keluarga, karena peran ibu-ibu di rumah tangga maupun antar sesama tetangga berpengaruh sekali,” ujar Camat Indah.

Camat Indah juga menyampaikan, setiap harinya di Kecamatan Tenayan Raya selalu menyediakan armada bus vaksin keliling bagi masyarakat.

“Harapan kita tentu agar seluruh masyarakat Pekanbaru khususnya di Tenayan Raya ini bisa mendapatkan vaksin Covid-19 untuk memberikan dan menambah kekebalan komunal dalam tubuh kita semua,” sebut Camat Indah sembari menyebutkan wilayah Kecamatan Tenayan Raya saat ini mendapatkan predikat terbaik untuk pengelolaan dan pelaksanaan Posko PPKM.

Diakhir penyampaiannya, Camat berpesan kepada seluruh Lurah dan babinkamtibmas tersebut untuk dapat memanfaatkan fasilitas penyemprotan disinfektan secara gratis ke rumah-rumah masyarakat.

“Silakan hubungi Call Center BPBD kota Pekanbaru melalui nomor 08117651464,” tutup Camat Tenayan Raya.

Tentu dengan edukasi dan sosialisasi pentingnya pemahaman Covid-19 kepada masyarakat, diharapkan dapat menjadi jawaban untuk menekan angka penyebaran wabah Covid-19 tersebut. *(mrz)