Nihil Stunting, Camat Bukit Raya, T. Ardi ” Ini Kerja sama Dan Sinergitas Antara Ibu Kader Pos Yandu Dan Masyarakat “

oleh -132 views

Pekanbaru, – Tim Penilai lomba Pos Yandu Tingkat Propinsi Riau, Di Kampung KB Berkah Bersama, Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Pemberdayaan masyarakat, Capil Propinsi Riau, Andres, Ketua IOM ( internasional organizaziotion for migration ), Magisi Erlinda, Kepala Seksi Pemberdayaan masyarakat Desa ( PMD ) Dinas Capil Provinsi Riau, Dra. Agustina M. IP
Camat Bukit raya T. Ardi Dwisasti S.STP. M.SI, Ketua TP PKK Kecamatan Bukit Raya, Sisfi Setia Reza , SH, Kelurahan Lurah Air dingin, M.Ismail. S.STP. M.Si, Ketua TP Kelurahan dr. Gizka Yolanda Putri.

Kepala Seksi Pemberdayaan masyarakat Desa ( PMD ) Dinas Capil Provinsi Riau, Dra. Agustina M IP, Diwawancarai awak media menerangkan ” Kriteria penilaian adalah kegiatan kegiatan di Pos yandu itu yang kita nilai, Salah satunya Stunting, Merupakan satu contoh apabila pos yandu ini yang terbaik nantinya, Untuk pemerataan pelaksanaan penilaan lomba tetap kita lakukan penilaian di 12 Kabupaten kota “.

Terkait minimnya anggaran, Agustina menjelaskan ” Kegiatan dari tahun lalu ditahun 2019, Kami dari PKK ada lima kategori yang diperlombakan, Telah disampaikan Kabid tadi, Lomba sesuai dengan pokja yang ada di PKK, Lomba pertama itu tertib administrasi, Team penilainya dari sekretariat PKK, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja ( PAR ) Team penilainya dari Pokja I PKK, Kemudian Pokja 2, lombanya yaitu P2K, Upaya pendapatan Keluarga, nah biasanya itu usaha usaha rumah tangga yang menambah penghasilan keluarga, Kemudian Pokja 3, Hatinya ( halaman tertib, bersih indah, terawat ) PKK dan Toga ( Tanaman Obat Keluarga ), Pokja 4, Posyandu yang kita mulai, Tiga tahun lalu kita lombakan Hikates, Dan saat ini lomba Pos Yandu, untuk penurunan angka Stunting”. Ujar Agustina

Untuk dipekanbaru Khususnya, Kelurahan Air dingin tidak ada stunting, namun ini nanti bisa kita jadikan contoh, Kalau ini yang terbaik, Pos yandu berkah bersama kita jadikan contoh dipekanbaru, dan Kabupaten kota Se – Riau.

Camat Bukit Raya, T. Ardi ” Alhamdulillah hari ini Team Penilai Pos Yandu dari Propinsi sudah hadir, Yang mana untuk Pos Yandu Berkah Bersama, Ini penilaian yang terakhir dari 4 yakni, Kabupaten Inhu, Kabupaten Inhil, Kabupaten Siak dan Terakhir Kota pekanbaru, Persiapan ini prinsipnya sesuai dengan SOP Pos Yandu, yang dinilai ini, Indikator paling utama itu, bagaimana kita untuk pencegahan Stunting.

allowfullscreen>

” Ini adalah program nasional dan gubernur, Kita laksanakan secara dor to dor, turun kelapangan dimasa pandemi ini, Tidak interaksi langsung kepada masyarakat, Inovasi yang sudah diciptakan oleh pos yandu ini program setahun lalu, ada jablay, ada piring ada hallo pos yandu, merupakan tujuan kondisi dimasa pandemi ini dan baru diciptakan”.

Pos yandu kita barusan melayani Imigran balita dan diikut sertakan dalam hal Pos Yandu ini, Dan didukung penuh oleh IOM, dan ada suratnya, kita terima setahun yang lalu, Bentuk dukungan tersebut yang mana imigran imigran itu mendapat perhatian dari pemerintah termasuk perhatian dari pos yandu ini.
Tujuannya adalah tetap menjaga kesehatan agar tetap produktif selama menjaga kegiatan.

Untuk penilain ini, T. Ardi ” Saya tetap Optimis, Bekerja ini bukan untuk lomba saja, Inilah hasil kerja kita, kerja sama dan Sinergitas bersama ibu kader dan unsur masyarakat, RT, RW”. Ujar ardi, Kamis, 30/9, Bertempat Pos Yandu Berkah Bersama ( red Syafri )