Menuju Pekanbaru Level I, Kecamatan Bukit Raya Gelar Vaksinasi Lansia

oleh -215 views

Pekanbaru – Dalam upaya penanganan Covid-19 yang saat ini kota Pekanbaru masuk di level-II, pemerintah kecamatan Bukit Raya membuka pemberian vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia.

Langkah tanggap pemberian vaksin langsung tersebut merupakan salah satu harapan kedepan kota Pekanbaru nantinya bisa masuk pada level-I dalam menanggulangi wabah penyebaran Covid-19.

Hal ini diutarakan oleh Camat Bukit Raya T. Ardi Dwisasti S.STP M.Si ketika mengunjungi pelaksanaan kegiatan vaksinasi pada Senin (01/11/21) di Aula Kantor Kelurahan Simpang Tiga yang dihadiri juga Lurah Simpang Tiga Muhammad Nasir, Babinkamtibmas Aiptu Wahyudi Siregar, Babinpotdirga Peltu Sutarmo.

Camat Ardi menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi lansia dan pra lansia telah dilakukan sejak dari hari Sabtu (30/10) lalu dengan sistem door to door atau menyambangi warga dari rumah ke rumah bersama dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat.

“Maka terhitung hari ini hingga tanggal 7 November nanti, kita membuka seluruh kantor kelurahan yang ada di Kecamatan Bukit Raya melayani masyarakat mendapatkan vaksin khusus lansia maupun pra lansia. Di mulai dari jam 9 Pagi hingga jam 12 siang,” ujar Camat Ardi.

Namun menurutnya, apabila ada warga yang tidak bisa datang ke kantor kelurahan, maka pihak puskesmas berupaya membantu dengan mendatangi rumah tempat tinggal lansia tersebut.

“Laporan yang saya terima hingga siang ini, disetiap kantor kelurahan sudah melayani 20 orang warga lansia yang mendaftarkan dirinya untuk diberikan vaksin. Mudah-mudahan sesuai dengan perencanaan target kita untuk kota Pekanbaru bisa turun ke level satu dalam penanganan Covid-19,” harap Camat Ardi.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Pekanbaru khususnya diwilayah Kecamatan Bukit Raya, apabila ada saudara maupun keluarga yang telah berusia lanjut agar dapat diajak mendukung program vaksinasi yang sudah digalakkan oleh pemerintah dalam mencapai kekebalan komunal atau Herd immunity dari wabah Covid-19,” tutupnya.

Sementara itu, Lurah Simpang Tiga Muhammad Nasir ketentuan dalam mendapatkan vaksinasi sangat mudah dan tidak memberatkan masyarakat hanya cukup membawa foto copy KTP sebagai identitas diri.

“Silahkan datang langsung ke kantor kelurahan ini, setelah dilakukan test kesehatan oleh pihak puskesmas maka warga bisa mendapatkan layanan vaksin. Tapi prioritas utamanya kita berikan kepada para lansia,” ujar Lurah Simpang Tiga.

“Dari hasil rapat bersama dengan Pak Camat, kita akan mengupayakan pemberian vaksinasi kepada lansia sebanyak kurang lebih 60 orang setiap harinya. Kami optimis Insya Allah ini dapat tercapai,” tutupnya. *(mirza)