Kodim 0304/Agam Dukung Program Vaksinasi Massal Memperingati HUT Bhayangkara Ke-75

oleh -90 views

Agam – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75, Polres Bukittinggi bekerja sama dengan pemerintah kota Bukittinggi dan Kodim 0304/Agam mengelar Vaksinasi massal.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (21/06/21) Pagi dipusatkan di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam, nantinya akan diikuti oleh masyarakat sekitar kurang lebih 854 orang bahkan lebih.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Bukittinggi H. Erman Syafar SH, Dandim 0304/Agam Letkol Arh. Yosif Brozti Dadi, SE, M.Tr (Han), Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, SH. SIK. M.H, Kasdim 0304/Agam Mayor Inf Masrizal, Danramil 01/Bukittinggi Mayor Inf Asrul Sani, Waka Polres Bukittinggi Kompol Sukur Hendri Saputra, S.I.K., Pasi Ops Dim 0304/Agam Kapten Inf Ridwan, Danramil 13/ABTB Lettu Inf Amrizal, Perwira Polres Bukittinggi, Plt. Ka Dinkes Kota Bukittinggi Dr. Linda Veroza, SE., MM, Kepala Puskesmas se-kota Bukittinggi, Perwakilan Rumah Sakit se-kota Bukittinggi, dan Media cetak dan elektronik se-kota Bukittinggi.

Sebelum memberikan dan menjalankan vaksinasi kepada masyarakat, terdapat beberapa tahapan yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu registrasi/pendaftaran, screening dengan melakukan pengukuran tensi dan tekanan darah, pemberian Vaksinasi, dan mengikuti langkah-langkah Observasi selama 30 menit.

Untuk lebih aman dan teruji, pemberian vaksinasi massal tersebut dikoordinir oleh DKK Bukittinggi dengan melibatkan beberapa Rumah Sakit, diantaranya RSAM Bukittinggi, Rumah sakit otak Muhammad Hatta, RSUD kota Bukittinggi, RST Bukittinggi, Rumah Sakit Madina, Rumah Sakit Ibnu Sina, Klinik Polres Bukittinggi; dan Puskesmas se-kota Bukittinggi.

Untuk diketahui, pelaksanaan dan pemberian vaksinasi kepada masyarakat Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019, Pasal 13A (4) berbunyi bahwa setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin Covid-19 yang tidak melaksanakan Vaksinasi Covid-19.

Dalam Perpres 14/2021 Pasal 13A disebutkan bahwa setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 yang tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 dapat dikenakan sanksi administratif berupa :

a. penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial;
b. penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan dan/atau; dan
c. denda.

Pemberlakuan sanksi tersebut dilakukan oleh Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, atau badan sesuai dengan kewenangannya.

Selain sanksi administratif, pemerintah mengatur masyarakat penerima vaksin Covid-19 yang tidak mengikuti program ini bisa dikenai sanksi sesuai UU yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0304/Agam Letkol Arh. Yosif Brozti Dadi, SE, M.Tr (Han) menjelaskan kegiatan vaksinasi massal tersebut dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-75 bekerjasama dengan Kodim 0304/Agam Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi dan tenaga kesehatan lain yang akan melakukan vaksinasi.

Dandim 0304/Agam juga berharap antusias masyarakat untuk ikut serta menggelorakan program Vaksinasi massal tersebut.

Karena menurut Dandim 0304/Agam, tidak ada alasan untuk takut dan ragu bagi masyarakat untuk divaksin, dan sampai saat ini belum ada dampak serius akibat Vaksin.

Bahkan ia juga menjelaskan, masyarakat harusnya menyadari bahwa usai mendapatkan vaksin, tidak berarti bebas untuk tidak menerapkan Protokol kesehatan.

“Tetap patuhi protokol kesehatan walaupun sudah mendapatkan vaksin, apalagi saat ini berkembang varian baru Covid-19 yang lebih mudah menular dan lebih berbahaya. Silahkan masyarakat khususnya warga Kota Bukitinggi untuk dapat melakukan vaksin ini untuk kebaikan kita semua,” tutup Dandim 0304/Agam.

Selama pelaksanaan kegiatan Vaksinasi, berlangsung aman dan tertib hingga sore hari. *(mrz)