Irjen Agung : Posko PPKM Wujud Negara Hadir di Masyarakat, Ujung Tombak Penanganan Covid-19

oleh -63 views

Dumai – Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI bersama Gubernur Riau Drs H Syamsuar, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau DR Jaja Subagja SH MH, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi Riau Brigen Kenedy SH MM dan Wakapolda Riau Brigjen Tabana Bangun MSI melakukan peninjauan ke Posko PPKM Mekar Sari Dumai Selatan pada Senin (14/6/2021).

Rombongan yang datang berkonvoi menggunakan kendaraan sepeda motor dinas Ditlantas Polda, disambut Forkopimda Kota Dumai di kantor Putri Tujuh Golf Club kota Dumai. Pada ksempatan tersebut, Kapolres Dumai AKBP Ananta SIK memaparkan situasi covid-19 terkini di wilayah kota Dumai yang menurutnya terjadi penurunan secara signifikan masyarakat yang terkonfirmasi covid-19, sebagai dampak dari meningkatnya kesadaran masyarakat melaksanakan vaksin dalam dua minggu terakhir.

Setelah menerima penjelasan, Kapolda bersama rombongan melanjutkan kegiatan dengan melakukan peninjauan rumah sakit ICU yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Riau H Syamsuar.
Diketahui, Rumah Sakit Pertamina kota Dumai memiliki 4 Ruangan isolasi, diantaranya 2 ruangan ICU terdiri dari 5 bed pria dan 5 bed wanita dan 2 ruangan biasa terdiri dari 10 bed pria dan 8 bed wanita, yang dengan kondisi tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.

Kapolda bersama rombongan melanjutkan peninjauan ke Posko PPKM di RT 02 dijalan Bangun Jinawi Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Selatan kota Dumai, yang memiliki 12 orang relawan covid-19 dan aktif menjalankan aktifitas.

Kapolda Riau mengatakan Posko PPKM menjadi ujung tombak dalam penanganan covid-19 diwilayah Riau.

“Posko PPKM ini menjadi andalan kita, sebagai ujung tombak dalam penanganan covid-19 disemua wilayah. Posko PPKM adalah bukti kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat,” ujar Irjen Agung disela sela kunjungannya.

Sementara itu Gubernur Syamsuar mengatakan, bahwa posko PPKM berskala Mikro berperan untuk pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penanganan COVID-19 di tingkat Desa atau Kelurahan.

“Posko PPKM mengedepankan penerapan 3T Dan 5M untuk meminimalisir penularan covid-19,”terangnya.

Pada kesempatan peninjauan, Gubernur dan Kapolda memberikan tali asih bagi masyarakat kurang mampu serta bantuan untuk pembangunan/perbaikan Pos Kamling Kelurahan Mekar Sari.