Dinkes Pekanbaru Gelar Edukasi KEI Keamanan Pangan, Obat dan Kosmetik

oleh -246 views

Pekanbaru, nsknews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Pekanbaru mengundang utusan masyarakat dari setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Senapelan untuk mengikuti kegiatan edukasi Komunikasi, Edukasi, dan Informasi (KIE) Keamanan Pangan, Obat dan Kosmetik.

Kegiatan yang digelar pada Kamis (27/10/22) dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy.

Dalam sambutannya, Kadiskes dr Zaini Rizaldy mengatakan alasan pentingnya edukasi KIE Keamanan Pangan, Obat dan Kosmetik disampaikan langsung kepada masyarakat.

Sehingga menurutnya, informasi dan pengetahuan dapat diterima oleh masyarakat agar lebih paham dan mengerti dalam menjaga serta melindungi diri sendiri bahkan keluarga dari bahaya-bahaya yang menganggu kesehatan.

“Dengan demikian edukasi-edukasi ini sangat perlu disampaikan, karena ternyata banyaknya makanan yang kita konsumsi sehari-hari tidak semuanya sehat dan baik untuk tubuh kita. Begitu juga dengan obat-obatan yang kita minum sebagai penawar sakit, apabila tidak sesuai dengan dosanya serta tidak cocok dengan tubuh kita, maka akan merusak dan membahayakan organ-organ di tubuh kita,” jelas dr. Zaini.

Adapun untuk mengatasi agar tidak terjadi permasalahan dalam mengkonsumsi obat-obatan dan makanan, pria yang akrab disapa dr. Bob ini memberikan kiat dan solusi dengan berpedoman sebelum membeli pangan untuk terlebih dahulu melakukan cek KLIK.

 

“Yang perlu kita perhatikan pada Cek KLIK ini yaitu K nya Kemasan, kita perlu melihat kondisi kemasan apakah masih bagus atau sudah rusak, L nya Label, apakah sudah labelnya masih ada di produk tersebut, I nya Izin edar, kita harusnya melihat izin edarnya resmi tidak dikeluarkan oleh pemerintah, dan terakhir K nya Kadaluarsa, kita harus teliti sekali dengan tanggal akhir konsumsi, kalo sudah expired jangan diminum beresiko sangat bahaya bagi kesehatan,” jelasnya.

Terakhir, Kadiskes mengharapkan kepada seluruh peserta untuk dapat memahami edukasi KEI yang akan disampaikan oleh beberapa pembicara, dan nantinya bisa diaplikasikan kepada keluarga maupun masyarakat sekitar tempat tinggalnya.

“Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan makanan dan minuman ataupun obat-obatan yang berbahaya. Tentunya dengan mengikuti secara serius kegiatan ini dan juga sebelum membeli tetap berpedoman dengan cek KLIK,” tutupnya.

Untuk pemateri berasal dari Dinas Kesehatan kota Pekanbaru yakni Farel Anugrah dan dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yaitu ada apt.Fina Aryani Msc bersama apt.Rahayu Utami MSc. *(mrz)