Camat Binawidya Edi Suherman, S.Sos., M.Si Membuka Secara Resmi Lokakarya Lintas Sektor Triwulan I

oleh -281 views

NSKNEWS.COM Pekanbaru – Camat Binawidya Edi Suherman, S.Sos., M.Si Membuka Secara Resmi Lokakarya Lintas Sektor Triwulan I yang dilaksanakan oleh Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap dengan tetap mematuhi Protkes Covid-19 dilaksanakan di Aula Kantor Camat Binawidya Pekanbaru. Jum’at (10/04/2021) pagi.

Dalam rangka evaluasi capaian program Puskesmas pada masa Pandemi Covid-19, Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap melaksanakan Lokakarya Mini Lintas Sektoral Triwulan 1 tahun 2021.

Kepala Puskesmas dr. Vera Oktarina mengatakan, dalam pembangunan bidang kesehatan perlu melibatkan peran serta lintas sektor.

“Maka melalui lokakarya mini lintas sektoral ini untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim, lintas program dan lintas sektor,” kata Vera.

Selain itu lokakarya mini lintas sektor itu juga untuk melihat hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan Puskesmas.

Dari wawancara awak media aktaindonesia.com kepada Kepala Puskesmas Sidomulyo RI dr. Vera Oktarina, kegiatan pada hari ini adalah Lokakarya Mini Sektor Triwulan I di tahun 2021 dengan Visi “Sahabat Keluarga Menuju Masyarakat Sehat” dan Misi “, Meningkatkan Pengetahuan, Memberikan Motivasi dan Kemampuan Masyarakat Untuk Hidup Sehat, Meningkatkan Kerjasama Lintas Program dan Lintas Sektor Untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat, meningkatkan Pelayanan Kesehatan Untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat” ucapnya.

Prioritas permasalahan yang kita sosialisasi pada hari ini adalah kasus Covid-19 yang masih cukup tinggi di kelurahan Tobek Godang dan Delima, melaksanakan vaksinasi bagi lansia dan guru, serta capaian program kesehatan di masyarakat masih rendah. Maka kami dari puskesmas minta dukungan dan peran lintas sektor dari Camat, Lurah, TP-PKK, Kapolsek, Koramil, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendidikan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Rencana tindak lanjut ini harus ada pemantauan yang ketat terhadap penerapan 3M di setiap kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa oleh Camat, Lurah, Kapolsek, Koramil, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, maka perlu adanya peraturan Kelurahan/Kecamatan mengenai wajib isolasi mandiri bagi warga yang terkonfirmasi covid dan sanksi bagi masyarakat yang tidak menjalankan isoman. Melibatkan Camat, Lurah, KUA, Bhabinkambtimmas dan Babinsa, LPM, RT RW, Kader, dan tokoh masyarakat dan tokoh Agama untuk mengajak dan mendata lansia yang belum divaksinasi dan membantu edukasi kepada lansia. Oleh sebab itu kita dari puskesmas dan Kecamatan akan tetap komitmen bersama.

Lanjut Vera, wilayah kerja UPTD Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap yang menjadi sasaran lokakarya ini adalah di dua kelurahan yaitu Tobek Godang dan Delima. Karena dua kelurahan ini masuk dalam kategori zona merah penyebaran Covid-19. Apalagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan pasti secara otomatis Masjid dan Mushallah akan ramai. Dengan itu Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap akan bekerjasama dengan camat, lurah, sampai ketingkat RT dan RW, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk terus mensosialisasikan 4M dan diperkuat dengan surat edaran dari camat Binawidya tentang mematuhi Protkes dengan penerapan 4M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menjauhi Kerumunan.

Hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Camat Binawidya yaitu Camat Binawidya Edi Suherman, S.Sos., M.Si.,, Lurah Tobek Godang, Ibuk-ibu Kader serta

Sementara itu Camat Binawidya Edi Suherman, S.Sos., M.Si mengharapkan seluruh elemen dan lintas sektoral dapat bersama-sama menghimbau kepada masyarakat untuk tetap ikuti protokol kesehatan.

“Yaitu dengan melaksanakan gerakan 3M Memakai masker, Menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata dia.

Dalam paparannya, Kepala Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap dr. Vera Oktarina, menyampaikan semua capaian program data PIS-PK, Promkes, KIA, GIZI, Imunisasi, Lansia, PTM, Kesling, ODGJ. Kemudian pemaparan RPK tahunan 2021, pemaparan Kepuasan Pelanggan. Lintas sektor memahami langkah yang harus di ambil dalam peningkatan penggunaan protokol kesehatan.

Lintas sektor mau bekerja sama dengan tenaga kesehatan dengan memberi penyuluhan kepada masyarakat sesuai jadwal kegiatan posyandu balita, Lansia dan PTM dan memberi sanksi hukum yang berlaku bagi yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

 

Camat Binawidya Edi Suherman, terima kasih dapat juga saya jelaskan pada pagi hari ini, kegiatan yang ditaja oleh Kapus Rawat Inap Sidomulyo, lokakarya 1 ini merupakan kegiatan yang disusun oleh Kapus Sidomulyo rawat inap yang harus kita sepakati, yang objeknya adalah vaksinasi lansia,.

Jadi harapan saya selaku camat Binawidya, kepada seluruh Lurah RT/RW supaya peduli terhadap lansia lansia kita yang belum di vaksin, ini merupakan salah satu prioritas dari dinas kesehatan yang dilaksanakan oleh Kapus Rawat Inap Sidomulyo. Pungkas Edi Suherman.

Lanjut Camat Edi, saya menghimbau kepada seluruh Lurah maupun komunitas, ibuk-ibuk kader kesehatan dan posyandu agar data-data lansia ini valid ya, yang diberikan kepada Kecamatan, dan kita ingin tau lansia berapa, dan balita berapa, kan ada tingkatan posyandu bukan untuk balita saja, untuk lansia juga ada, untuk remaja pun juga ada. Makanya kami juga akan bekerjasama dengan stekholder yang ada di kecamatan ini untuk memberikan data yang valid, penekanannya, dengan cara kami akan terus memonitor, tadi saya juga meminta dengan dua kelurahan dibawah naungan Puskesmas rawat inap ini yaitu dua kelurahan, yang pertama Kelurahan Tobek Godang sama Kelurahan Delima, dan kita juga berharap bahwa setiap RW itu harus mengusulkan 10 lansia untuk di vaksin, berarti Tobek Godang 15 RW kalau dikali 10 berarti 150 lansia yang siap di vaksin dan kita tunggu data dari kelurahan.

Camat Binawidya Edi Suherman, menghimbau kepada Kelurahan Tobek Godang dan Delima, karena dua kelurahan ini berada di zona merah, maka kami meminta data per RW, karena zona RW tu yang merah itu yang mana, karena ini secara global saja kan,. Jadi kalau memang Zona merah dari himbauan Pak Walikota Pekanbaru harus beribadah di rumah untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Bagi masyarakat yang isolasi secara mandiri, kami minta untuk sadar.