Polsek Tampan Kembali Ringkus Premanisme

oleh -92 views

Pekanbaru – Hari Kamis (24/06/2021) sekira pukul 11.00 WIB Polsek Tampan gelar Konferensi Pers tindak pidana pemerasan dengan ancaman pungutan liar (Pungli) yang dilaksanakan di Mapolsek Tampan kota Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya, S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita, S.H.,S.I.K.,M.H memimpin langsung Konferensi Pers tersebut dan didampingi Panit Reskrim Polsek Tampan Ipda Sukardi.

Dalam Konferensi Pers itu Kapolsek Tampan menjelaskan bahwa telah terjadi kasus tindak pidana pemerasan dengan pengancaman (Pungli) yang terjadi di Pasar Baru Jalan H.R. Subrantas, Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani kota Pekanbaru.

“Hari ini kita kembali mengamankan premanisme yang melakukan Pungli di wilayah hukum Polsek Tampan,” Ujar Kapolsek Tampan.

Dimana ada tiga pelaku premanisme yang berhasil diamankan Polsek Tampan, diantaranya yaitu AP (24) merupakan warga Jalan Budi Daya, No. 3 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan, DR (31) yang merupakan warga Jalan Manunggal Perum Asabri Kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tampan serta RR (30) yang merupakan warga Jalan Merpati Sakti Gang Bayu Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan kota Pekanbaru.

Adapun tindak pidana dengan laporan polisi Nomor : LP/380/K/VI/2021/Polsek Tampan, pada tanggal 16 Juni 2021 dengan pelapor atas nama Hj. Yurni warga Jalan Kubang Raya Perumahan Astam House Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani yang melaporkan pelaku AP dan DR, sementara pada satu pelaku lagi atas dasar laporan polisi dengan Nomor : LP/381/VI/2021/Polsek Tampan pada tanggal 16 Juni 2021 atas nama Ali Dasril warga Jalan Budi Daya Gang Camar Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani yang melaporkan Pelaku yang berinisial RR.

Dijelaskan kronologis kejadian oleh Kapolsek Tampan atas pelaku AP dan DR. Pada, Minggu (13/06/2021) sekira pukul 14.00 WIB pada saat pelapor berada di pasar Selasa, pelapor bertemu dengan pedagang sayur Mak Yam, yang mana ketika bertemu tersebut Mak Yam mengatakan bahwa pedagang dipasar wajib membayar uang kebersihan dan keamanan kepada AP dan DR yang mengaku sebagai pengelola kebersihan di pasar Selasa dan Mak Yam juga mengatakan ada dua orang lagi yang namanya tidak diketahui juga meminta uang kebersihan dan keamanan.

Atas laporan tersebut, Polsek Tampan melaksanakan giat operasi Premanisme yang dipimpin oleh Kapolsek Tampan dalam operasi tersebut berhasil diamankan AP dan DR yang selanjutnya dibawa ke Mapolsek Tampan untuk dimintai keterangan.

Ketika dimintai keterangan mereka mengaku diperintah oleh orang yang berinisial RR dan BP, pelaku RR merupakan pelaku yang dilaporkan juga oleh Ali Dasril. Sementara pelaku yang berinisial BP masih dalam penyelidikan.

Untuk pelaku RR berhasil diamankan pada hari selasa, (22/06/2021) sekira pukul 17.00 WIB, Tim Opsnal Polsek Tampan berhasil menangkapnya di Jalan Karya 1 ujung Perumahan Pe Putra Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Dari kejadian tersebut, barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku AP dan DR berupa 1 block karcis bertuliskan “Retribusi kebersihan pasar karya baru” kemudian sebanyak 39 lembar karcis bertuliskan “Retribusi keamanan pasar karya baru”, uang tunai sebesar Rp. 452.500 dan 1 buah tas polo.

Sementara dari pelaku RR berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah meja yang bekas dipotong milik pedagang.

“Dalam Karcis Retribusi yang sebagai barang bukti, bahwa karcis tersebut tidak resmi dan pihak DLHK tidak pernah menerbitkan surat tugas kepada tersangka,” Pungkas Kapolsek Tampan

Dengan kejahatannya itu mereka dikenakan pasal 368 Jo pasal 55 K.U.H.Pidana. (*)