Pelaksanaan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM Dilingkungan Kemenkumham

oleh -200 views

Pekanbaru – Ketua Pembangunan ZI WBBM Kanwil kemenkumham Riau yang juga Kepala Divisi Administrasi, Rudi Hartono, bersama Sekretaris dan Ketua Tim Pokja 6 Area Perubahan mengikuti kegiatan telekonferensi persiapan awal Pelaksanaan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di ruangan rapat Kakanwil pada Kamis (8/4).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM yang dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal Razilu, dengan pemaparan materi yang menghadirkan Inspektur Wilayah (Irwil) I sampai dengan VI.

Kegiatan yang diikuti seluruh Kantor Wilayah se-Indonesia ini menyampaikan beberapa poin penting diantaranya bahwa evaluasi satuan kerja Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dilakukan secara berjenjang, yaitu mulai dari evaluasi Tim Penilai Kantor Wilayah kemudian dilanjutkan dengan evaluasi Tim Penilai Eselon I lalu terakhir dilakukan evaluasi oleh Tim Penilai Internal Kementerian.

Dengan evaluasi secara berjenjang ini maka satuan kerja yang akan dievaluasi oleh Tim Penilai Internal Kementerian adalah satuan kerja yang sudah benar-benar siap dan matang dalam pembangunan zona integritas.

Inspektorat Jenderal juga mengingatkan agar seluruh UPT memperhatikan kesinambungan antara data dukung pengisian Lembar Kerja Evaluasi (LKE) ZI WBK/WBBM menggambarkan dan sesuai dengan nyata pada UPT masing-masing.

Sementara itu dalam arahannya, Irjen Kemenkumham menyampaikan kunci keberhasilan dalam menciptakan WBK dan WBBM, antara lain Kemudahan Pelayanan, Program yang Menyentuh Masyarakat, Komitmen Pemimpin, Monitoring dan Evaluasi, dan Manajemen Media.

“Diperlukan komitmen bersama, kreativitas, dan inovasi serta semangat dalam upaya meraih predikat WBK dan WBBM. Mari kita perjuangkan bersama agar dapat mengagungkan marwah Kemenkumham di mata publik,” ucap Razilu. (*)