OBH Paham Riau Adakan Webinar Refleksi Hukum, HAM dan Demokrasi Via Zoom

oleh -310 views

NskNews.com|Pekanbaru- Organiasi Bantuan Hukum Pusat Hukum dan Hak Asasi Manusia atau yang disingkat dengan OBH Paham Riau telah menyelenggarakan Webinar dengan tema Refleksi Hukum, Ham, dan Demokrasi 2020 pada hari Jumat tanggal 25 Desember 2020 Pukul 09.00-11.30 wib.

Webinar ini dilaksanakan dalam rangka menutup Tahun 2020 ini dengan agenda catatan kritis terhadap Hukum, Ham, dan Demokrasi sepanjang tahun 2020. Alasan pemilihan tema ini adalah melihat banyaknya kasus Hukum, pelanggaran HAM yang terabaikan serta Demokrasi yang belum sepenuhnya melinbat partisipasi masyarakat.

Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain Dr. Azzuhri Albajuri, SHI, MHI, CPL. selaku Pembina PAHAM Riau,Dr. (Cnd) H. Irma Romi Anto, SH, MH, CPL selaku CEO NSK GROUP, Dr. (Cnd) M. Alpi Syahrin, SH, MH, CPL selaku Akademisi, Dosen Hukum UIN Suska Riau dan sekaligus SEKJEN PAHAM Riau, Ferlan Niko, SHI, MHI, CPLC selaku Ketua Team Advokasi PAHAM Riau, dan Alfikri, SH selaku Pengamat Hukum. Webinar tersebut langsung dimoderatori Samariadi, SH, MH selaku Direktur Eksekutif PAHAM RIAU.


Masing-masing narasumber menyampaikan sudut pandang terkait dengan isu tersebut dan adanya tanya jawab antara peserta dengan para narasumber. Jumlah peserta dalam webinar tersebut hampir mencapai 250 orang, hal ini menunjukkan antusias terkait dengan kajian Hukum, Ham dan Demokrasi.

Webinar ini catatan kritis untuk merefleksikan terkait permasalahan Hukum, Ham dan Demokrasi dan juga advokasi-advokasi panjang yang telah dilakukan. Webinar ini juga tidak bermaksud menghakimi dan menyalahkan negara selaku aktor utama penyelenggaraan Hukum, Ham dan Demokrasi di negara ini.

Untuk menambah kemeriahan dan antusias peserta dalam webinar yang di laksanakan pada jum’at pagi ini, juga di meriahkan dengan memperoleh Vocer berhadiah umrah senilai 20 jt dengan 10 orang terbaik yang di sponsori oleh PT. Niat Suci Kebaitullah.

Dengan demikian, dalam pelaksanaan webinar ini, tentu hal ini tidak akan memberikan jaminan akan perbaikan kualitas Hukum, Ham dan Demokrasi terkhsusus di Bumi Melayu Lancang Kuning, namun setidaknya ini menjadi ikhtiar dalam menyuaran suara kritis untuk menghadapi tahun 2021.

allowfullscreen>

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada seluruh pihak yang terlibat dan juga para peserta webinar yang telah mengikuti agenda webinar ini sampai selesai. OBH Paham Riau menyadari bahwa perjuangan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara hukum, berkeadilan dan berdemokrasi serta sejahtera bukanlah hal yang mudah. Namun hal tersebut menjadi tugas sebagai warga dalam mengawal pelaksanaan Hukum, Ham dan Demokrasi yang lebih baik.
Rilis.*