Munas 7 LBH PAHAM INDONESIA

oleh -227 views

NSKNEWS.COM | Pekanbaru –Sabtu 29 Mei 2021 berlokasi di Hotel Sofyan Jakarta Utara, Lembaga Bantuan Hukum Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (LBH PAHAM) INDONESIA melakukan Musyawarah Nasional dan Evaluasi Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan Periode 2018-2021. Dihadiri 30 peserta dan panitia secara online dan 65 peserta perwakilan provinsi/daerah secara Offline melalui aplikasi ZoomMeeting.

Acara yang dipandu oleh Putri Nurmalasari, S.H dimulai pukul 09.30 WIB diawali dengan penyampaian kata sambutan dari Pembina dan Pengawas PAHAM INDONESIA.

“LBH PAHAM INDONESIA merupakan wadah yang nantinya akan melahirkan para aktifis-aktifis Advokat yang Bersih, Berkahlak dan Amanah, berbeda dengan Advokat lainnya.” Kata Ibu Evi Risnayanti, S.H, M.Kn dalam kata sambutannya

“Bang Rulli (Direktur Eksekutif PAHAM INDONESIA) adalah cerminan kepemimpinan Keikhlasan, memimpin di masa transisi yang saat itu, kita masih terfokus dengan kerja-kerja Nasional dan kita semua saling memahami kondisi itu.” Kata Bapak Feisal Syahmenan, S.H, M.H selaku Pembina

Selanjutnya Bapak  Anatomi Muliawan, S.H., L.L.m. yang juga bagian dari Pembina PAHAM INDONESIA berkata, “Di PAHAM kita menemukan teman-teman yang Bertaqwa, teman yang tidak hanya di dunia tetapi di akhirat juga. Semoga Pertemuan kita di PAHAM Allah jadikan pertemuan yang barokah, memiliki tujuan yang sama, dan bersama dengan orang-orang yang soleh dan solehah yang insha Allah tidak saling menuntut di akhirat, tapi saling membantu nantinya.”

PAHAM Indonesia selaku LBH Nasional yang berdiri tahun 1999 pasca Reformasi dan memiliki cabang hampir di 33 Provinsi se Indonesia mengadakan MUNAS yang biasanya dilakukan secara Offline, namun Pandemi Covid 19 membuat Munas harus tetap dilakukan dengan cara online dan Offline untuk menyentuh teman-teman di daerah.

“Di PAHAM itu tidak dapat gaji, tetapi dapat ilmu dan teman serta jaringan terlebih teman hidup, setidaknya kita dapat keberkahannya, dan jangan meremehkan sebuah kebaikan, karena jika tidak dapat di sini, makan percayalah rezeki kita akan terbuka di tempat yang lain karena kebaikan yang kita lakukan itu.” Pesan dari Bapak Heru Susetyo, S.H, M.H, P.hd. yang merupakan Ketua Pembina PAHAM Indonesia

Bapak Suriya Aifan, S.H, M.H yang juga bagian Pembina PAHAM Indonesia berharap kedepannya PAHAM INDONESIA memiliki Markas Sendiri dan Markas yang tetap tentunya.

Sementara itu Bapak Zainuddin Paru, S.H., M.H. yang juga merupakan bagian Pembina PAHAM juga mengatakan bahwa Periode boleh berakhir, tetapi tugasnya tetap berlanjut kebaikan tetap berjalan dan PAHAM harus menjadi Laboratorium pembelajaran yang tak pernah selesai.

Terakhir kata sambutan oleh Bapak Ahmar Ihsan Rangkuti, S.H. selaku Pengawas dari PAHAM INDONESIA berkata “Almarhum Agus Otto menuliskan pesan penting untuk kita semua yakni Jadikanlah kartu Advokat itu salah satu kunci membuka pintu SyurgaNya Allah, mak tetaplah melakukan kebaikan meski sekecil apapun, dan tetaplah membantu orang miskin dan dua’fa dalam pendampingan hukum baik litigasi maupun nonlitigasi”

Acara pembukaan Munas PAHAM 7 yang bertema Reformasi Organisasi untuk Pelayanan Hukum yang Profesional ditutup dengan doa yang dilantunkan oleh Bapak Ahmad Batas selaku Direktur PAHAM Provinsi BALI kemudian acara dilanjutkan dengan Laporan dari PAHAM Daerah yang hanya bisa dihadiri oleh tiga orang perwakilan daerah yang sudah teregistrasi. (Lns)