Idul Fitri Penuh Hikmah, WBP Rutan Pekanbaru Terima Remisi, Nikmati Layanan Penitipan Paket Drive Thru dan Video Call

oleh -72 views

 

Pekanbaru – Hari Raya Idul Fitri tahun ini dirasakan penuh hikmah bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru. Diawali dengan penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di lapangan serba guna Rutan, Senin (2/5).

Dimulai pada pukul 07.00 WIB, diikuti oleh Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan penuh khidmat, tertib dan aman dengan tetap menerapkan prokes.

Selesai shalat, kegiatan berlanjut dengan pembacaan SK Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 kepada narapidana yang dibacakan oleh Kasubsi Adper, Andi Rahman dan dilanjutkan penyerahan secara simbolis kepada WBP yang memperoleh remisi.
Acara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru, M. Lukman.

Sebanyak 990 orang WBP di Rutan Pekanbaru mendapatkan Remisi Khusus 7 orang diantaranya langsung bebas.
Pada kesempatan ini Karutan Pekanbaru mengatakan Pemberian remisi ini adalah bentuk apresiasi dari negara bagi mereka yang telah memenuhi syarat administatif dan subtantif yaitu bersikap dan berperilaku baik selama menjalani masa pidana di Rutan.
Kegiatan ditutup dengan halal bi halal antar sesama petugas dan warga binaan.
Pada perayaan lebaran ini Rutan Pekanbaru juga tetap memberikan layanan kepada masyarakat.

Seperti yang telah diketahui, selama pandemi Rutan Pekanbaru tidak menyediakan layanan Kunjungan Fisik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).
Sebagai gantinya, masyarakat dapat melepas rindunya dengan kerabat yang ada di dalam Rutan Pekanbaru dengan cara menitipkan barang atau makanan untuk mereka secara drive thru.

Kepala Rutan kelas I Pekanbaru, M. Lukman menjelaskan bahwa Rutan Pekanbaru tetap memberikan layanan kepada Masyarakat meskipun di hari libur.
Layanan Penitipan Barang secara Drive-Thru ini bertujuan agar masyarakat dapat mengakses layanan dengan mudah.

“Masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan dan tidak perlu mengantri lama,” ujar Kasi Pelayanan Tahanan, Heri Aguswanto.

Pada Idul Fitri ini, Rutan Pekanbaru membuka Layanan
Kegiatan drive thru berlangsung dengan lancar dan tertib dibantu pengamanan oleh aparat TNI dan Kepolisian.

Selain itu, Rutan Pekanbaru juga menyediakan layanan video call untuk mengobati rasa rindu mereka. Petugas akan siap membantu menghubungkan WBP dengan keluarganya meskipun secara online.

Layanan Video call dilaksanakan dengan tidak dipungut beaya (gratis). ***