PFKKI Kemenhub RI Jajaki Minat Pasar Projek KPBU Sektor Transportasi Di Riau

oleh -553 views

Pekanbaru – Pusat Fasilitas Kemitraan dan Kelembagaan Internasional (PFKKI) Kementerian Perhubungan RI melaksanakan kegiatan Penjajakan Minat Pasar Projek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Sektor Transportasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (06/04/21) Pagi bertempat di salah satu hotel berbintang di kota Pekanbaru yang langsung dibuka oleh Kepala PFKKI Kementerian Perhubungan RI M.I Ferry Aman, Koordinator kelompok fasilitas Kemitraan dan investasi Rifanie Kontra, Kepala BPTD Wilayah IV Riau-Kepri Ardono ATD. MT, Kasi LLAJ BPTD Wilayah IV Riau-Kepri, Kasi Sarpras TJ BPTD IV Wilayah IV Riau-Kepri, perwakilan Kadis Perhubungan se Provinsi Riau, stakeholder dan para tamu undangan lainnya.

Menurut Kepala PFKKI Kementerian Perhubungan RI M.I Ferry Aman menjelaskan KPBU merupakan suatu skema alternatif dalam mempromosikan proyek infrastruktur yang dikelola oleh pemerintah dan Badan Usaha untuk pembangunan fasilitas di bidang transportasi dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Skema KPBU ini merupakan upaya pemerintah dalam membangun Negara dengan memberikan ruang kepada Badan Usaha dalam keikutsertaannya sebagai alternatif skema pembiayaan fasilitas transportasi,” ujar M.I Ferry Aman.

Ia juga menyebutkan, selama ini Pemerintah Indonesia terus berupaya memberikan pelayanan dan kemudahan kepada badan usaha dalam penerapan skema KPBU sebagai alternatif pembiayaan pembangunan infrastuktur dibidang transportasi.

“Market sounding ini merupakan kegiatan yang pertama dilaksanakan dan diikuti secara langsung bagi peserta yang mengikuti dari Provinsi Riau dan juga melakukan virtual di beberapa Provinsi secara bersamaan, dengan tujuan mengetahui minat kemitraan dari beberapa projek yang tersedia,” tutup M.I Ferry Aman.

Ditempat yang sama, Kepala BPTD Ardono ATD. MT mengatakan kesiapannya untuk mendukung kegiatan Penjajakan Minat Pasar Projek (KPBU) Sektor Transportasi khususnya di wilayah IV Riau-Kepri.

“Pada Intinya kami dari BPTD IV Siap mensukseskan apabila ada objek yang berada dalam wilayah kerja kami serta masuk sebagai objek projek KPBU,” ujarnya sembari mengatakan akan segera melakukan sosialisasi langsung ke jajaran satuan tugasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan berfoto sekaligus silaturahmi makan siang bersama. *(mirza)