Karang Taruna Umbansari Launcing Bank Jatah

oleh -407 views

Karang Taruna Umbansari Launching Bank Jatah

NSK NEWS |Pekanbaru – Karang Taruna kelurahan Umbansari kecamatan Rumbai melaunching secara resmi Bank Jatah (Bank Jelantah). Sabtu (28/08/21).

Ketua Karang Taruna Umbansari Habibi mengungkapkan bahwa program Bank Jatah Ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat dimana dalam pelaksanaan kerjanya Bank Jatah akan mengedukasi masyarakat tentang minyak jelantah.

Selanjutnya, program ini diharapkan menjadi peluang usaha dengan pengumpulan minyak Jelantah atau minyak bekas gorengan.

Direktur Operasional Bank Jatah Sukiswanto mengatakan bahwa minyak jelantah yang dibuang sembarangan akan menyebabkan lingkungan terkontaminasi terutama sektor perairan, karena minyak jelantah bersifat tidak mudah terurai.

Sementara itu, apabila minyak jelantah digunakan berulang-ulang dapat menjadi salah satu penyebab penyakit, yakni penyakit kanker.

“Nah dengan bergabung dengan Bank Jatah masyarakat dapat
membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan mendapat peluang untuk menambah penghasilan,” kata Sukiswanto.

Saat ini minyak jelantah bisa didaur ulang menjadi energi terbarukan yaitu D20 Atau Biodiesel.

Masyarakat akan mendapat nilai ekonomis sebesar Rp 3.000 / Kg minyak jelantah. Yang mana uang ini akan ditabung di Bank Jatah kemudian nanti dengan nominal tertentu bisa dicairkan atau diambil uangnya.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir ketua Forbis(Forum Bisnis) Riau H. Hendry Munief, MBA memberikan motivasi bisnis kepada anggota Karang Taruna Umbansari dan pengurus Bank Jatah serta secara simbolis memasangkan baju kepada salah satu mitra Bank Jatah di Tingkat RT yaitu saudara Ali Yusro.

 

Semoga kegiatan ini kedepannya bisa berjalan dengan lancar, mampu mengedukasi masyarakat dan perlahan membantu ekonomi masyarakat di masa pandemi ini.