Bumdesindo Riau Agar Lebih Fokus Mengerakkan Perekonomian Di Pedesaan

oleh -295 views

Pekanbaru – Gubernur Riau Syamsuar (Gubri) menerima kunjungan dan audiensi dari rombongan Dewan Pimpinan Nasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Seluruh Indonesia (BUMDESINDO) dan Dewan Pimpinan Wilayah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Seluruh Indonesia (BUMDESINDO) Provinsi Riau. Kegiatan ini bertempat di Kediaman Rumah Dinas Gubernur, pada Jumat, (02/04/2021).

Gubri Syamsuar menyambut baik kedatangan rombongan aosiasi BUMDESINDO Pusat dan BUMDESINDO Provinsi Riau. Ia mengatakan agar kepengurusan BUMDESINDO dapat bekerja dan merangkul temen-temen BUMDes di kabupaten dan kota yang ada di Riau.

“Kedepannya agar asosiasi BUMDESINDO ini dapat segera bisa bergerak dan merangkul temen-temen BUMDes,” kata Syamsuar pada Jumat 02/04/2021.

Gubri Syamsuar juga menyampaikan ide, bahwa nantinya BUMDes yang ada di desa-desa bisa bekerjasama dengan program-program Pertamina.

“Nantinya kan ada program-program dengan Pertamina, bahwa temen-temen BUMDes ini membentuklah nanti BUMDes bersama, serta dikelola oleh BUMDes itu sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional BUMDESINDO, Efrizal Syarief mengatakan, kedatangan rombongan bertemu Gubernur Riau yaitu untuk memperkenalkan kepengurusan baru Dewan Pimpinan Wilayah BUMDESINDO Provinsi Riau periode 2021-2026.

“Agenda kita hari ini, audiensi dengan Bapak Gubernur Riau karena ini kepengurusan baru mau kita lantik temen-temen Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Riau. Nanti setelah ini, kita juga akan memberikan mandat kepada kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau mereka juga akan mendirikan dewan pimpinan daerah tingkat kabupaten kota,” kata Efrizal.

Lanjutnya, ia ingin asosiasi BUMDESINDO nantinya dapat menggerakkan komunitas ekonomi di desa-desa.

“Nah sebenarnya, asosiasi BUMDESINDO ini kita ingin memfasilitasi sebenarnya temen-temen BUMDes ini bagaimana mereka itu bisa lebih fokus menggerakkan komunitas ekonomi tingkat desa ini,” ujarnya.

Ini bertujuan agar untuk meningkatkan pendapatan di desa-desa itu sendiri. Jadi, nanti ini menjadi lokomotif ekonomi di tingkat desa. *(mcr)